Senin, 16 Mei 2011

Kebudayaan benua australia

Kebudayaan Benua Australia.
Mari mengenal negara Australia lebih dalam lagi..
Dasar utama budaya Australia hingga pertengahan abad ke-20 ialah Anglo-Kelt, meski ciri Australia yang berbeda telah berkembang dari lingkungan dan budaya penduduk asli. Selama 50 tahun terakhir, budaya Australia telah dipengaruhi kuat oleh budaya pop Amerika (khususnya televisi dan film), imigrasi skala besar dari negara-negara yang tak bercakap Inggris, dan tetangga Asianya. Tenaga dan keaslian seni di Australia — film, opera, musik, lukisan, teater, tari, dan kerajinan tangan — memperoleh pengakuan internasional.
Australia memiliki sejarah panjang seni visual, bermula dengan lukisan gua dan kulit kayu penduduk aslinya. Dari masa permukiman Eropa, tema umum dalam seni Australia ialah pemandangan Australia, nampak dalam karya Arthur Streeton, Arthur Boyd dan Albert Namatjira, di antara lainnya. Budaya penduduk asli Australia secara besar dituturkan dari mult ke mulut dan berkaitan erat pada upacara dan cerita Zaman Mimpi. Musik, tari, dan seni Aborigin Australia memiliki pengaruh gamblang pada seni visual dan pertunjukan kontemporer. Australia memiliki budaya aktif musik, balet, dan teater; banyak perusahaan seni pertunjukannya menerima dana umum melalui Dewan Seni pemerintah federal. Ada orkestra simfoni di tiap ibukota, dan perusahaan opera nasional, Opera Australia, menjadi menonjol oleh diva terkenal Dame Joan Sutherland; musik Australia termasuk musik klasik, jazz, dan banyak genre musik pop lainnya.
Sastra Australia juga telah dipengaruhi oleh pemandangannya; karya penulis seperti Banjo Paterson dan Henry Lawson, mengambil pengalaman sesemakan Australia. Sifat Australia kolonial, seperti yang dimasukkan dalam sastra awal, bergema dengan Australia modern dan tekanan yang dirasakan pada egalitarianisme, perjodohan, dan antiotoriter. Pada 1973, Patrick White dianugerahi Penghargaan Nobel Sastra, satu-satunya orang Australia yang meraihnya; ia diakui sebagai salah satu penulis berbahasa Inggris besar sepanjang abad ke-20. Bahasa Inggris Australia ialah varietas umum dari bahasa Inggris; tata bahasa dan ejaannya sebagian besar berdasarkan pada Bahasa Inggris Britania, dilapisi dengan logat asli yang kaya dalam soal dan frase leksikal yang unik, beberapa darinya telah masuk dalam bahasa Inggris standar.
Australia memiliki 2 siaran umum (ABC dan SBS yang bersifat multibudaya), 3 saluran televisi komersial, 3 layanan TV bayar, dan sejumlah stasiun televisi dan radion nirlaba. Indstri film Australia telah mencapai kesuksesan besar dan komersil. Tiap kota utama memiliki surat kabat harian, dan ada 2 harian nasional, The Australian dan The Australian Financial Review. Menurut Laporan Tanpa Batas pada 2005, Australia berada dalam kdudukan ke-30 pertama pada daftar negara yang diurutkan dengan kebebasan pers, setelah Selandia Baru (ke-9) dan Britania Raya (ke-28) namun di depan Amerika Serikat. Peringkat ini terutama karena macam yang berbeda pada kepemilikan media komersil di Australia. Khususnya ebagian besar media cetak Australia berada di bawah kendali News Corporation atau John Fairfax Holdings.
Olahraga berperan penting dalam budaya Australia, didukung dengan iklimnya yang memungkinkan kegiatan di luar; secara teratur 23,5% orang Australia di atas 15 ikut serta dalam kegiatan olahraga yang diorganisasi Di tingkat internasional, Australia meiliki tim kuat dalam kriket, hoki, netball, liga rugby, peesatuan rugby, dan mempertunjukkan bersepeda dengan baik, mendayung, dan berenang. Secara nasional, di antara olahraga terkenalnya termasuklah sepak bola Australia, pacuan kuda, sepak bola dan balapan motor. Australia telah ikut serta dalam setiap Olympic Games musim panas era modern, dan setiap Commonwealth Games. Australia menjadi tuan rumah Olimpiade 1956 dan 2000, dan mendapat peringkat di antara peraih medali 5 terbesar sejak 2000. Australia juga menuanrumahi British Empire Games 1938, British Empire and Commonwealth Games 1962, 1982 dan Commonwealth Games 2006. Di antara even internasional yang diselenggarakan secara teratur di Australia termasuk Australian Open, salah satu dari 4 turnamen tenis Grand Slam, pertandingan kriket internasional tahunan dan Formula One Australian Grand Prix. Dukungan badan hukum dan pemerintah pada banyak olahraga dan atlet elit merupakan hal yang biasa di Australia. Olahraga yang disiarkan di TV amat terkenal; beberapa dari program TV berating tinggi termasuk Olympic Games musim panas dan grand final kompetisi sepak bola setempat dan internasional.

Kebudayaan yang dominan di Australia selama dua dasawarsa terakhir adalah yang berasal dari Inggris. Ini merupakan akibat dari zaman kolonial (Lihat Gambar 9.2 dan 9.3). Para migran ke Australia dulunya cenderung mengikuti kebudayaan yang dominan. Mereka cenderung makan, berpakaian dan berolahraga seperti orang Australia yang berasal dari Inggris. Sejak tahun 1960-an aspek kebudayaan seperti ini di Australia telah berubah. Orang-orang didorong untuk mempertahankan kebudayaan mereka sendiri.


Marshall Leaver
Gambar: Tarian adat

The Scots College, Sydney
Gambar : Siswa-siswa dari sekolah Scots.
Sekarang para migran lebih dimungkinkan untuk mempertahankan warisan budaya mereka. Bahasa yang digunakan oleh kelompok-kelompok migran yang penting diajarkan di sekolah-sekolah dan di universitas-universitas. Ada program radio dan televisi yang menggunakan bahasa asing. Hal ini membantu timbulnya perasaan jati diri bagi semua orang Australia, dan juga menimbulkan kebhinekaan bagi Australia serta membantu terciptanya masyarakat yang toleran.
Kebijakan di Australia dimaksudkan untuk menjaga kerukunan melalui multikulturalisme. Menurut kebijakan ini, semua orang Australia bebas untuk hidup di tempat yang dipilihnya dan bebas untuk mempertahankan kebudayaannya. Mereka dapat menggunakan dan mempelajari bahasanya. Mereka bebas untuk menjalankan agamanya. Orang-orang dari semua bangsa, agama, kebudayaan dan bahasa adalah sama di mata hukum.
Agama di Australia
Ada banyak agama di Australia. Kebanyakan orang Australia beragama Kristen. Ada beberapa aliran kelompok Kristen. Dulu agama Kristen Anglikan merupakan agama yang dominan (Lihat Gambar 9.4). Sekarang kelompok yang terbesar adalah kelompok beragama Katolik (Lihat Gambar 9.5) dengan 4,6 juta pemeluk. Di antara orang-orang Australia yang berasal dari Yunani dan Eropa timur dijumpai juga aliran Kristen Ortodoks. Di Australia juga ada sejumlah kecil penduduk yang memeluk agama Yahudi.

Asian Field Study Centres
Gambar 9.4: Gereja Katedral Anglikan (Protestan) St Andrew, Sydney

Marshall Leaver
Gambar 9.5: Gereja Katedral Katolik Roma St Mary di Sydney
Pada tahun 1996 ada 147.500 orang Muslim dan 139.800 orang yang beragama Buddha di Australia. Jumlah pemeluknya telah meningkat di tahun-tahun belakangan ini. Islam di Australia terutama dipeluk oleh orang-orang yang berasal dari Libanon, Turki dan Timur Tengah (Lihat Gambar 9.6). Orang Australia yang beragama Buddha terutama berasal dari Asia Timur dan Asia Tenggara.

Ada contoh gereja, kuil dan mesjid yang bagus di Australia. Beberapa di antaranya masih baru dibangun. Di tahun 1976 telah dibangun sebuah mesjid yang besar di Preston, yakni daerah pinggiran kota Melbourne. Baru-baru ini di daerah Wollongong telah dibangun sebuah kompleks agama Buddha yang besar (Lihat Gambar 9.8) dan sebuah kuil Hindu (Lihat Gambar 9.7). Juga ada kelompok kecil seperti pemeluk Bahai dan agama Yahudi.

Field Study Centres
Gambar 9.7: Kuil Hindu di Helensburgh di sekitar kota Wollongong.

Rabu, 11 Mei 2011

KEBUDAYAAN DI BENUA AMERIKA

Kebudayaan Benua Amerika
Mari Mengenal kebudayaan negara amerika serikat..

Gedung Putih adalah kediaman resmi dan tempat kerja Presiden Amerika Serikat. Pada saat yang sama berfungsi sebagai kediaman keluarganya. Terletak di ibu kota Washington.
Gedung Putih potongan-potongan dari sejarah bangunan mulai pada tahun 1792. Arsitek adalah senegaranya James Hoban. Dibangun dalam gaya georgiánském akhir. Selama keberadaannya rumah pergi melalui banyak perubahan. Yang paling penting terjadi pada tahun 1961. Hal ini menarik yang pertama dicat dengan cat putih setelah Perang 1812. Dalam periode ketika Inggris membakar Gedung. Presiden pertama di gedung putih adalah John Adams, yang adalah presiden kedua Amerika Serikat.



Patung Liberty adalah patung terkenal di Amerika Serikat. Ikon ini Amerika Serikat terletak di New York City, di pulau Liberty. Itu diinstal di pelabuhan pulau dan mengungkapkan pada tahun 1886. Seluruh keberadaannya, itu telah menyambut jutaan imigran dan wisatawan pada memasuki Amerika Serikat.
sedikit sejarah
Patung Liberty adalah hadiah dari Perancis pada kesempatan dari peringatan 100 tahun independen Amerika Serikat. Dengan demikian, itu memperingati tahan lama persahabatan kedua negara dan bantuan Perancis untuk pemukim Amerika selama berjuang untuk kemerdekaan dari Britania Raya pada tahun 1776. Perancis adalah satu-satunya negara untuk mengirim tentara yang ke Amerika kembali kemudian. Perempuan patung-disebut Lady Liberty - dirancang oleh pengukir Perancis, Frederic Auguste Bertholdi. Dia telah bekerja di ini 46 m-tinggi patung selama sepuluh tahun di Paris. Patung kemudian diangkut ke New York dengan kapal. Konstruksi baja batin, tertutup oleh lapisan tembaga, adalah karya constructor Perancis terkenal Gustave Eiffel. Karya perbaikan bagian-bagian yang berkarat tembaga lapisan pada kesempatan 100 tahun patung instalasi biaya 100 juta dolar. Konstruksi alas dibiayai oleh koleksi nasional. Terdapat replika lebih kecil dari Patung Liberty di Paris.
fakta-fakta teknis
Patung Liberty adalah 46 meter tinggi dan berdiri di atas alas tinggi 47 meter. Atas obor adalah 93 meter di atas tanah. Patung beratnya 205 ton dan pinggirannya 10.6 meter. Kanan-yang memegang Obor - adalah 12.8 meter panjang. Titik jari adalah panjang 2,4 m. Di tangan kiri, patung memegang sebuah tablet dengan Proklamasi kemerdekaan, membaca Juli IV MDCCLXXVI (4 Juli 1776). Di kaki patung, ada simbolis belenggu rusak tirani. 354 tangga mengarah ke patung mahkota (cerita 22), yang menawarkan pemandangan yang menawan kota dan Samudera. Namun, itu tertutup bagi wisatawan sampai 2009 setelah serangan teroris 11 September 2001. Obor telah ditutup untuk umum sejak 1916. Pada 1984, Patung Liberty menjadi situs Warisan Dunia UNESCO.

Hawai adalah pulau terbesar dari Kepulauan 130 Hawaian Kepulauan. Kota ini terletak di Samudera Pasifik Barat dari daratan Amerika. Hawai adalah salah satu dari negara federal Amerika Serikat.
sedikit geologi dari pulau
laut di bawah Pulau hampir sempurna datar, terbuat dari kerak bumi keras. Pulau ini terbentuk oleh lava yang kebocoran dari dasar laut. Lantai Samudera di bawah Hawai Pulau adalah salah satu tempat terpanas di dunia-gunung berapi Hawaian lebih tinggi daripada pegunungan Himalaya. Gunung tertinggi di dunia - Mauna Loa (9.200 m) - curam naik dari dasar laut tetapi hanya 4169 m naik di atas tingkat pulau Hawai dan oleh karena itu, gunung tertinggi di dunia dianggap sebagai Gunung Everest.
Hawaian gunung berapi
Taman Nasional didirikan di wilayah gunung berapi aktif di pulau Hawai pada 1916 - Hawai Taman Nasional Gunung berapi. Ini termasuk di dunia dua gunung paling menarik berapi - Mauna Loa dan Kilauea. Mauna Loa dengan 120 km panjang dan lebar 103 km kawah mencakup setengah pulau. Meskipun panas menembus dari gunung berapi, lereng luar secara permanen ditutupi dengan salju. Gunung berapi lainnya yang signifikan adalah Kilauea. Ini adalah gunung berapi yang termuda di Kepulauan Hawaian, tetapi juga yang paling aktif di dunia. Ada tiga berapi di bagian utara Pulau Hawai– Mauna Kea, Kohala dan Hualalai. Aktivitas vulkanik memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan lokal flora berkembang. Sampai 90% dari tanaman spesies tumbuh di Taman Nasional Gunung berapi Hawai unik ke pulau. Itulah salah satu alasan, mengapa itu telah tercantum pada daftar Warisan Dunia UNESCO. atraksi wisata

Indah Mil adalah salah satu jalan paling terkenal di Amerika Serikat. Terletak di Illinois, Chicago. Ini merupakan bagian dari jalan Michigan Avenue. Hal ini menyebabkan dari Sungai Chicago untuk Oak Street.
Salah satu jalan belanja paling terkenal dari dunia
Indah Mil juga dikenal sebagai Jalan Pintas perbelanjaan utama Mile Mag kota Chicago. Terletak pada banyak ritel, restoran gerai, museum dan hotel. Indah Mil juga menemukan bangunan menarik, beberapa di antaranya tercantum dalam Daftar Tempat Bersejarah Nasional AS. Ini termasuk Chicago Water Tower. bangunan menarik lainnya termasuk Gedung Wrigley, John Hancock Center, Allerton Hotel dan Tribune Tower. Indah Mil menurut versi Amerika banyak Champs-Elysees. Menurut majalah National Geographic merupakan satu dari 10 jalan-jalan belanja top terbaik di dunia.

Lombard Jalan adalah salah satu jalan paling terkenal di dunia. Terletak di California, Amerika Serikat, di San Francisco. Lombard Jalan dimulai pada Presidio Boulevard dan berakhir di pantai timur Embarcadero.
Salah satu jalan paling terkenal di dunia
Lombard Jalan yang dikenal di seluruh dunia untuk bagian yang satu arah disebut "Rusia Hill". Bagian ini dicirikan oleh desain "tobogánovitým". Bagian ini antara jalan-jalan Hyde dan Leavenworth. 8 tajam berbalik dan satu relatif sempit diusulkan oleh pemilik real estat lokal pada tahun 1922. Pada tahun yang sama ia berhasil membuat proposal. Curves dibangun di sini karena ada 27 persen kemiringan jalan. Praktis informasi
Dnes Lombard Jalan bagian dari tujuan wisata populer. jalan ini dapat dilalui dalam satu arah dari atas ke bawah. Hal ini diaspal dengan ubin merah, dan selanjutnya mungkin berjalan sampai dengan kecepatan 8 km per jam ..

Bushnell Park adalah sulung Umum Park di USA. Terletak yang di Connecticut, di Hartford.
Sejarah
O konstruksi Bushnell Parku adalah memutuskan pertama Kota Dewan di Dalam 1853 dan Ini Keputusan dukungan yang Tahun kemudian i penduduk kota. Dari Anggaran sehingga adalah Dirilis lebih dari 100 000 USD untuk pembelian tanah dan membangkitkan nya konsep. Arsitek Bushnell Parku yang akhirnya menjadi pejabat Swiss indah arsitek dan ahli botani Yakub Weidenmann. The di Park tertanam lebih dari 157 spesies pohon dan semak dari Utara Amerika, Eropa dan Timur Asia. Jumlah yang kemudian adalah Mass lebih dari 1100 pohon dan semak belukar.

Pintu gerbang Lembar adalah monumen tertinggi di AS. Terletak di Missouri, di Saint Louis.
Sejarah
Pintu gerbang Lembar merupakan bagian dari Ekspansi Nasional Jefferson Memorial dan Memorial dibangun antara 1963-1965 sebagai monumen untuk ekspansi ke barat Amerika Serikat. Desain arsitektur diciptakan tetapi sudah pada tahun 1947. Its Eero Saarinen arsitek dan insinyur struktur Hannskarl Bandel. Monumen dibuka untuk umum 10 Juli 1967.
Present
Dnes Pintu gerbang Lembar adalah fitur utama kota Saint Louis dan tujuan wisata populer. Monumen lebar 192 meter dan 192 meter tinggi (di titik tertinggi). Di atas adalah ruang observasi. Ini adalah ruangan dengan 32 jendela (16 jendela di setiap sisi), yang akan memberi Anda pandangan indah kota dan sekitarnya yang indah. Pada Pintu gerbang Lembar atas bisa mendapatkan lift khusus (perjalanan memakan waktu empat menit naik dan turun tiga menit) atau dua tangga. Sejak tahun 1987, monumen itu adalah monumen nasional di AS ..

Sumber : Wikipedia.org

KEBUDAYAAN DI BENUA EROPA

Kebudayaan Benua Eropa
Mari Mengenal Negara Jerman Lebih Dalam Lagi..
Kehidupan budaya di Jerman mempunyai banyak segi. Terdapat sekitar 300 teater tetap dan 130 orkes profesional antara Flensburg di utara dan Garmisch di se¬latan. 630 museum seni rupa dengan koleksi serbaneka yang bertaraf tinggi menurut ukuran internasional membentuk jaringan museum yang unik. Seni lukis muda juga sangat hidup di Jerman dan telah mendapat tempat di dunia internasional. Dengan sekitar 94.000 judul buku baru yang diterbitkan atau dicetak ulang tiap tahun, Jerman juga tergolong negara perbukuan yang besar. 350 judul surat kabar harian dan ribuan judul majalah membuktikan perkembangan dunia media yang baik. Sukses baru juga tercatat oleh produksi film – tidak hanya di bioskop Jerman, melainkan di berbagai negara di dunia.
Kebudayaan dalam Dunia Musik – Spektrum Gaya yang Penuh Hidup

Nama baik Jerman sebagai negara musik yang penting tetap terkait dengan nama penggubah seperti Bach, Beethoven, Brahms, Händel dan Richard Strauss. Mahasiswa datang dari seluruh dunia untuk belajar di perguruan tinggi musik, pencinta musik mengunjungi festival-festival – dari Festival Wagner di Bayreuth sampai Donaueschinger Musik¬tage untuk musik kontemporer. Di Jerman terdapat
80 teater musik yang dibiayai oleh dana publik, yang terkemuka di antaranya gedung opera di Hamburg, Berlin, Dresden dan München serta di Frankfurt am Main, Stuttgart dan Leipzig. Orkes Fil¬harmoni Berlin pimpinan dirigen Inggris terkenal Sir Simon Rattle dianggap sebagai yang terbaik di antara sekitar 130 orkes di Jerman. Kelompok “Ensemble Modern” di Frankfurt memajukan produksi musik kontemporer dengan mementaskan sekitar 70 karya baru per tahun, di antaranya 20 pagelaran perdana. Di samping dirigen yang dikenal di dunia internasional seperti Kurt Masur atau Christoph Eschenbach ada pemimpin orkes yang menonjol di generasi lebih muda, yaitu Ingo Metzmacher dan Christian Thielemann. Penyanyi dan pemain instrumen yang tergolong paling baik di dunia adalah Waltraud Meier, soprano, Thomas Quasthoff, bariton, dan pemain klarinet Sabine Meyer. Pemain biola Anne-Sophie Mutter tampil di muka publik yang sangat besar dan yang tidak selalu menikmati musik klasik saja. Violinis inilah yang menjadi bintang Jerman di dunia musik.

Sejak pertengahan abad ke-20, perkembangan musik kontemporer di dunia ikut ditentukan oleh pelopor-pelopor musik elektronis seperti Karlheinz Stockhausen († 2007) dan antipodenya yang mempertahankan tradisi, komponis opera Hans Werner Henze. Dewasa ini musik kontemporer memadukan beberapa gaya: Heiner Goebbels menghubungkan musik dengan teater, Helmut Lachenmann menelusuri kemungkinan ekspresi instrumen sampai ke batas ekstrem. Wolfgang Rihm menunjukkan kemungkinan perkembangan ke arah musik yang lebih mudah dipahami.

Di sisi lain spektrum musik ada penyanyi pop Herbert Grönemeyer yang tahu semangat zaman dan suasana hati peng¬gemarnya. Sejak bertahun-tahun diraihnya sukses dengan lagu-lagu berbahasa Jerman. Grup musik punkrock “Die Toten Hosen”, formasi heavy metal “Rammstein” dan grup remaja “Tokio Hotel” juga tergolong kategori superstar Jerman. Selama beberapa tahun terakhir ini, seniman seperti penyanyi Xavier Naidoo (“Söhne Mannheims”) berhasil dengan mengacu pada gaya soul dan rap Amerika Serikat. Khususnya sebagai pembawa jenis musik ini ditemukan banyak pemusik muda yang berasal dari keluarga migran dan yang berhasil menjadi bintang, di antaranya Laith Al-Deen, Bushido, Cassandra Steen dan Adel Tawil. Sukses grup musik “Wir sind Helden” dari Berlin akhir-akhir ini menimbulkan gelombang pendirian grup musik Jerman muda. Pendirian “Akademi Pop” di Mannheim memperlihatkan kemauan politik untuk meningkatkan daya saing musik pop Jerman.

Dalam hal klub musik pun Jerman dapat membang¬gakan banyak lokasi tenar, terutama di kota besar seperti Berlin, Köln, Frankfurt am Main, Stuttgart dan Mannheim. De¬ngan adanya tren disko pada tahun 1970-an, rap/hiphop tahun 1980-an dan gaya techno tahun 1990-an, para DJ beremansipasi menjadi seniman nada dan produsen. Melalui teknik scratching, sampling, remix dan pemakaian komputer, piringan hitam berubah menjadi bahan baku untuk metamusik yang dapat diubah sesuka hati. Dua mahabintang klub musik pun datang dari Jerman, yaitu Sven Väth yang dijuluki “Godfather of Techno” dan Paul van Dyk.
Kebudayaan dalam Dunia Perfilman – Kisah Sukses dalam Gambar


Menjelang pergantian milenium muncul karya ceria yang membangkitkan dunia perfilman Jerman: “Lola rennt” (Lola Berlari, 1998) karya Tom Tykwer. Film komedi eksperimental mengenai Lola, si gadis berambut merah, mengenai nasib, cinta dan hal- hal kebetulan mencerminkan perasaan hidup di akhir tahun sembilan puluhan. Perjuangan Lola yang nekad berlari melin¬tasi Berlin dengan melawan waktu diartikan di seluruh dunia sebagai kiasan ketergesaan zaman kita. Dengan “Lola rennt”, sutradara Tom Tykwer mendobrak pintu ke dunia perfilman internasional. Fase kemajuan untuk film Jerman dimulai. Untuk pertama kali sejak era apa yang disebut “film pencipta” dan masa berkaryanya tokoh Rainer Werner Fassbinder († 1982), pengamat di luar negeri kembali memperhatikan film Jerman yang meraih sukses internasional. Pada tahun 2002, Caroline Link menerima Hadiah Oscar untuk “Nirgendwo in Afrika”, trofi yang sama diraih 2007 oleh Florian Henckel von Donnersmarck untuk film perdananya “Das Leben der Anderen”. Festival Film Cannes pada tahun yang sama memberikan hadiah untuk skenario terbaik serta hadiah istimewa kepada Fatih Akin untuk film “Auf der anderen Seite”.

Pada awal milenium baru, sineas Jerman meraih sukses yang tak tersangka dengan film jenis komedi – seperti “Die fetten Jahre sind vorbei” (2004) karya Hans Weingartner. Sebaliknya, perhatian menjelang akhir dasawarsa pertama difokuskan pada film yang berbobot. Namun tema-tema tidak berubah. Film jenis tragikomedi “Good Bye, Lenin!” (2003) diputar dengan sukses di 70 negara lebih, sebab diperlihatkannya juga kegagalan sosialisme. Film karya Donnersmarck “Das Leben der Anderen” (2007) bertemakan kehidupan warga Jerman Timur di bekas RDJ di bawah pengawasan dinas rahasia Stasi.

Dengan nada berat yang mencekamkan, Fatih Akin, warga Hamburg bernenek moyang Turki, menggambarkan kehidupan di Jerman. Dalam drama “Gegen die Wand” (2004) yang antara lain meraih hadiah Goldener Bär pada Festival Film Berlin, Akin memaparkan kisah cinta dua insan Jerman-Turki dan keterombang-ambingan mereka antara dua kebudayaan. Presisi cerita film itu berkesan menyakitkan, tetapi tidak ce¬ngeng. Pada tahun 2007, dalam drama “Auf der anderen Seite” (Di Seberang), digambarkannya kisah enam orang di Jerman dan di Turki yang nasibnya saling bertautan. Juri Hadiah Film Jerman memberi empat penghargaan sekaligus untuk karya itu. Dengan “Soul Kitchen” (2009), Akin mengungkapkan apresiasinya untuk kota Hamburg, kali ini dalam bentuk komedi.

Film-film Jerman berhasil, karena ceritanya yang bersifat nasional dan penggarapan sinematografis dari cerita itu mem¬bahas tema universal. Namun materi yang diolah oleh para pembuat film, mereka angkat dari perkembangan dan perubahan di negara sendiri dan di jalan hidup masing-masing.
Kebudayaan dalam Dunia Seni Rupa – Tempat untuk Gagasan Baru

Sejak tahun 1990-an, seni lukis dan fotografi dari Jerman meraih sukses besar di dunia internasional. Apa yang disebut “keajaiban lukisan baru Jerman” dikenal di luar negeri sebagai “Young German Artists”. Para seniman berasal dari Leipzig, Berlin atau Dresden. Neo Rauch adalah wakil paling tenar dari “Mazhab Leipzig Baru”. Gaya mazhab tersebut ditandai oleh realisme baru yang berkembang – bebas ideologi – dari “Mazhab Leipzig” lama, yang termasuk lingkup seni rupa bekas RDJ. Lukisannya sering memperlihatkan orang-orang pucat yang seolah-olah menunggu sesuatu yang tak tentu. Motif itu dapat ditafsirkan sebagai pantulan keadaan di Jerman pada awal milenium baru. Apa yang disebut “Dresden Pop”, di antaranya Thomas Scheibitz, memetik unsur dari iklan dan dari estetika video dan televisi sambil bermain dengan estetika swakaji mengenai sini dan kini. Kebanyakan seniman generasi menengah menganggap pembahasan kritis mengenai nasionalsosialisme, seperti yang ditemukan dalam kar¬ya Hans Haacke, Anselm Kiefer dan Joseph Beuys, sebagai urusan masa lampau. Sebaliknya yang tampak di kalang¬an perupa ialah “kebatinan baru” serta penggarapan bidang-bidang pengalaman yang saling berbenturan: Karya-karya Jonathan Meese dan André Butzer mencerminkan depresi dan fenomena-fenomena obsesi; kedua perupa itu dianggap sebagai wakil “realisme neurotik”. Dengan karyanya “Mental Maps”, Franz Ackermann menggambarkan dunia sebagai desa global dan memperlihatkan musibah yang berlangsung di balik layar. Tino Sehgal menghasil¬kan karya seni yang eksistensinya terbatas pada waktu “performance”-nya dan yang tidak boleh direkam; ia mencari bentuk produksi dan bentuk komunikasi di luar batas ekonomi pasaran.

Besarnya perhatian kepada seni rupa di Jerman tercermin pula dalam pameran documenta yang diseleng¬garakan lima tahun sekali di Kassel sebagai pameran seni rupa aktual yang terkemuka di dunia; documenta 13 akan dibuka pada tanggal 9 Juni 2012. Berbeda dengan seni rupa – yang arti pentingnya digarisbawahi oleh pendirian sejumlah museum swasta baru – seni fotografi harus berjuang lama sampai diakui sebagai bentuk seni yang mandiri. Sebagai pelopor pada tahun 1970-an dikenal Katharina Sieverding dengan rangkaian potret dirinya yang menelusuri batas antara individu dan masyarakat. Terobosan terjadi pada tahun 1990-an dengan sukses yang diraih tiga murid dari Bernd dan Hilla Becher, pasangan suami istri fotografer: Dalam karya foto mereka, Thomas Struth, Andreas Gursky dan Thomas Ruff menimbulkan realitas mengilap yang me¬nyembunyikan sesuatu. Pengaruh kelompok ini terhadap corak fotografi internasional begitu besar sehingga mereka dinamakan “Struffsky” saja.
Dengan adanya internet, perbatasan antara berbagai jenis media, antara komunikasi yang melembaga dan yang informal, tidak tegas lagi. Hal itu berarti juga kaburnya perbatasan antara komunikasi individual dan komunikasi massa, artinya antara komunikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan pribadi dan komunikasi yang ditujukan kepada semua orang. Pada waktu yang sama hasil karya wartawan profesional disertai dengan sumber awam – termasuk di media cetak: ada tulisan “reporter pembaca”, foto yang diambil dengan kamera digital atau ponsel yang ada di mana-mana, dan karangan opini dari pengguna internet yang berminat. Dilihat dari sudut itu, jurnalisme kontemporer bersifat terpadu dan interaktif dalam berbagai segi.

Memang produk-produk pers dan media penyiaran tradisional yang diolah secara profesional, biarpun berbentuk baru, tetap memegang peranan sentral pada isi media. Akan tetapi semakin banyak orang, terutama generasi muda, menganggap web sosial alias “community” lebih dapat dipercaya dan lebih atraktif. Di antara media web yang paling sukses termasuk jejaring-jejaring komunitas berbahasa Jerman Facebook, MySpace, StudiVZ dan SchülerVZ. Bersama dengan blog dan platform mikroblogging seperti Twitter, jejaring tersebut membentuk khalayak ramai digital yang tumbuh dengan pesat dan yang semakin berperan aktif dalam pembentukan pendapat umum.

Keanekaragaman media massa masih tetap tercermin dalam badan-badan penyiaran radio dan televisi tradisional. Awal mulanya pada tahun 1920-an (radio) dan 1950-an (televisi) sebagai programa yang disiarkan oleh badan publik. Mulai akhir tahun 1980-an spektrum itu diperluas dengan berkembangnya sistem ganda yang mencakup badan penyiaran publik dan badan pe¬nyiaran swasta. Sekarang terjadi persaingan antara kurang lebih 430 badan penyiaran radio yang umumnya bersifat lokal atau regional.

Televisi di Jerman dapat dibedakan menurut wilayah jangkauan, supraregional atau regional, dan menurut jenis tayangan, programa lengkap atau programa spesifik. Bila dibandingkan dengan pertelevisian di Eropa dan di bagian dunia lain, Jerman memiliki beberapa di antara badan penyiaran terbesar, baik yang publik, dibiayai oleh iuran, (ARD dan ZDF) maupun televisi swasta yang gratis (RTL, SAT.1, ProSieben) serta teve swasta langganan, sky. Programa-programa lengkap menayangkan seluruh rangkaian isi dari genre yang ada, dari siaran berita, film, serial dan show hingga olahraga. Programa spesifik dibedakan menurut saluran berita (n-tv, N24), musik (VIVA, MTV) dan olahraga (DSF). Tergantung dari modus teknik (terestris, satelit, kabel, pita lebar, mobil) dan dari jenis sinyal (analog atau digital), pemirsa dapat menerima sampai ratusan programa berbahasa Jerman dan siaran internasional, seperti CNN, BBC atau TV5, di samping itu lebih dari 20 siaran nasional dari badan penyiaran publik. Programa televisi tersebut mencakup kedua saluran nasional utama, ARD dan ZDF, serta sejumlah programa yang diproduksi secara regional, tetapi disiarkan di seluruh Jerman, seperti WDR, MDR dan BR. Di samping itu ada televisi khusus, seperti saluran dokumentasi Phoenix, atau kanal KIKA khusus untuk anak-anak. Pilihan siaran itu diperluas lagi dengan adanya tiga badan penyiaran internasional, yaitu Deutsche Welle (DW-TV), stasiun Jerman yang melayani pemirsa di luar negeri, saluran Jerman-Perancis arte, dan saluran budaya Jerman-Austria-Swis 3sat.

Di samping tugas menjamin pelayanan informasi pokok serta spesifikasi acara siaran yang ditentukan oleh undang-undang, badan penyiaran publik mempunyai kewajiban penting lain, yaitu memelihara ketaktergantungan di bidang politik dan ekonomi. Kegiatan badan penyiaran tersebut dalam menyertai programa dengan tayangan di internet cukup menarik juga. Namun di sini selalu dapat timbul konflik dengan televisi swasta yang khawatir akan adanya persaingan tak seimbang, kalau pengaruh “badan bersubsidi” di pasaran menjadi terlalu kuat. Tekanan bagi badan penyiaran publik bertambah lagi oleh ke¬nyataan bahwa jumlah orang muda yang menonton acaranya terus menyusut. Biarpun sikap pengguna dipengaruhi, untuk sebagian secara kuat, oleh internet dan komunikasi mobil: Rang¬kaian media tradisional di Jerman masih tetap tergolong yang paling beraneka ragam dan kaya akan faset. Bebas dan pluralistis, menjaga mutu dan menghibur, berorientasi nasional dan internasional.

Sumber : Google.com

KEBUDAYAAN DI BENUA AFRIKA

KEBUDAYAAN MESIR (BENUA AFRIKA)
Mari Mengenal Negara Mesir Lebih Jauh Lagi..
Penduduk Mesir purba sendiri menjejak asal keturunan mereka kepada tanah yang mereka kenali sebaga punt atau “Ta Nteru” (”Tanah Dewa-dewa”). Suatu suatu masa dahulu, ia biasanya diagak sebagai terletak di apa yang sekarang ini dikenali sebagai persisiran Somalia, Punt sekarang ini dipercayai sebagai terletak samaada di selatan Sudan atau Eritrea. sejarah Mesir purba sebenar bermula dengan Mesir sebagai negara bersatu, yang berlaku pada satu ketika sekitar 3000 SM, walaupun bukti arkaeologi menunjukkan bahawa masyarakat Mesir maju mungkin telah wujud untuk tempoh yang lebih lama.
Sepanjang sungai Nil, pada milenium ke-10 SM, kebudayaan mengisar bijirin yang menggunakan jenis mata sabit terawal telah digantikan dengan kebudayaan penduduk pemburu, pengail, dan pengumpul-pemburu yang menggunakan peralatan batu. Bukti turut menunjukkan kehadiran manusia di barat daya Mesir, berhampiran sempadan Sudan, sebelum 8000 S.M. Pertukaran cuaca dan/atau terlebih ragut sekitar 8000 S.M. mula mengeringkan padang ragut di Mesir, yang akhirnya mendorong kepada pembentukan Sahara (2500 S.M.), dan puak-puak awal dengan sendirinya terdorong untuk berpindah ke sungai Nil di mana mereka memajukan ekonomi pertanian setempat dan masyarakat yang lebih berpusat (lihat Sejarah: Nil). Terdapat bukti ternakan dan penanaman bijirin di Timur Sahara pada milenium ke-7 SM. Sehingga 6000 S.M. penduduk Mesir purba di sudut baratdaya Mesir telahpun mengembala lembu dan membina bangunan besar. Mortar dalam pembinaan bangunan telah digunakan menjelang 4000 S.M. Tempoh Pradinasti Mesir berterusan sepanjang tempoh masa ini, sebelumnya dipegang pelbagai oleh kebudayaan Naqada. Sesetengah pakar bagaimanapun memulakan Predinasti Mesir lebih awal, di Paleolithik Bawah (lihat Pradinasti Mesir) .
Mesir bersatu sebagai satu negara sekitar 3000 S.M. Kronologi Mesir termasuk menetapkan permulaan dan pengakhiran sesuatu dinasti sekitar tempoh masa ini. Kronologi Mesir biasa adalah yang diterima pakai semasa abad ke 20, tetapi tidak termasuk cadangan rombakan besar yang turut diajukan ketika itu. Malah dalam hasil kerja yang sama, seringkali pakar kaji purba menawarkan beberapa tarikh yang mungkin atau beberapa khronologi lain sebagai mungkin. Disebabkan itu, kemungkinannya terdapat beberapa perbedaan antara tarikah ditunjukkan di sini dan dalam rencana pemerintah tertentu. Seringkali juga terdapat beberapa variasi ejaan nama.
Firaun merupakan pemerintah kedua kerajaan ini dan mengetuai struktur negara Mesir silam. Firaun bertindak sebagai raja, pemimpin kerohanian dan commander-in-chief bagi kedua-dia tentera dan tentera laut. Firaun dianggap dewa, hubungan antara manusia dan para dewata. Di bawahnya adalah kerajaan, adalah 2 wazir (satu bagi Mesir Atas dan satu lagi bagi Mesir Bawah) dan pelbagai pegawai. Di bawahnya di sebelah keugamaan adalah paderi besar dan pelbagai paderi lain. Secara umumnya, kedudukan ini diwarisi dari bapa kepada anak lelaki sulung. Kadang-kala aturan ini terbantut, dan kadang-kala wanita memegang kuasa.
Bahasa
Mesir silam bertutur bahasa Afro-Asiatik berkait dengan bahasa Chadic, Berber dan Semitik. Rekod bahasa Mesir silam telah ditarikh sekitar 3200 BC. Para sarjana meletakkan bahasa Mesir kepada enam pembahagian mengikut kronologi:
* Mesir Silam (Archaic Egyptian) (sebelum 2600 BC) 
* Mesir Lama (Old Egyptian) (2600–2000 BC)
* Mesir Tengah (Middle Egyptian) (2000–1300 BC)
* Mesir Akhir (Late Egyptian) (1300–700 BC)
* Mesir Demotik (Demotic Egyptian) (abad ke 7 BC–abad ke 4 AD)
* Bahasa Coptik (Coptic language) (abad ke 3–abad ke 12 AD)
Penulisan
Pengkaji Mesir Purba (Egyptologists) merujuk kepada tulisan Mesir sebagai hieroglif, bersama dengan skrip baji (cuneiform script) Mesopotamia ranking sebagai sistem penulisan tertua di dunia. Skrip hieroglif sebahagiannya syllabik, sebahagiannya ideografik. Hieratic adalah bentuk hieroglif Mesir bersambung (cursive) yang pertama sekali digunakan semasa Dinasti Pertama (c. 2925 BC – c. 2775 BC). Istilah Demotik dari sudut Mesir, Ia itu, “asal – indigenous” dari sudut pandangan Hellenistik, berubah menjadi merujuk kepada kedua-dua skrip dan bahasa yang selepas tahap Mesir Silam Akhir (Late Ancient Egyptian) daripada Nubian dinasti ke 25 sehingga ia dipinggirkan oleh Greek Koine pada awal abad AD. Selepas penaklukan oleh Umar ibn al-Khattab, bahasa Coptic kekal sehingga Zaman Pertengahan sebagai bahasa keugamaan (liturgical) oleh minoriti Kristian.
Skrip hieroplyphik akhirnya tidak lagi digunakan sekitar abad ke 4, dan mulai dijumpai kembali semenjak abad ke 15 (lihat Hieroglyphica).
Alphabet (abjad) terawal juga dicipta di Mesir Purba, sebagai hasilan dari hieroplyphik sylabik (syllabic).
Macam-Macam tulisan Mesir kuno :
* c.1999 SM – Papyrus Westcar
* c.1800 SM Cerita Sinuhe
* c. 1800 SM – Papyrus Ipuwer
* c. 1800 SM – Papyrus Harris I
* c. 1000 SM Cerita Wenamun


KONDISI SOSIAL BUDAYA MESIR
Gambaran kehidupan sosial budaya Mesir laksana bangunan tua yang terlihat seolah-olah sangat lelah dan payah, tiang-tiang bangunannya telah termakan usia perjalanan zaman yang sangat panjang, dan dinding-dinding tambal sulam perpaduan antara bahan peradaban lama dengan baru, serta atapnya berwarna keruh berdebu tebal. Dalam bangunan usang itu pernah generasi demi generasi silih berganti dengan beragam corak karakter dan identitasnya.
Sewaktu kekaisaran Romawi menduduki wilayah Mesir, penduduk Mesir masih menganut animisme. Sejarah menyatakan bahwa imperium Romawi tersebut melakukan penindasan dan pemerasan hasil bumi penduduk untuk kepentingan para penguasa di Romawi (Eropa Lama). Sampai ketika Islam datang dari jazirah Arab tahun 541 membebaskan Mesir dari penindasan dan pemerasan bangsa Romawi.
Keadaan negeri sekarang meski harus menghadapi arus modernisasi, namun kehidupan agamis dengan sentral tempat Ibadah tetap banyak ditemui dimana-mana. Disamping itu kita juga akan menemukan kontradiksi yang dapat kita saksikan dalam aspek kehidupan rakyat Mesir, seperti budaya orang-orang kaya yang gemar kendaraan impor mutakhir. Sementara disisi lain masih ada saja orang miskin di kota yang mengendarai keledai. Mungkin kriteria negara berkembang Mesir ini antik, begitu ungkapan sebagian orang.
Kebiasaan sehari-hari dimasyarakat juga unik. Terkesan perilaku budaya mereka yang beriman kepada TUhan YME, saling mengungkapkan kasih sayang, hati yang mudah kasihan, lapang dada dan tidak pendendam. Tetapi disamping itu ada pula perilaku sebagian mereka yang banyak bicara, suka marah dan mencela, sikap puas, bangga dan memuja keadaan yang ada, sehingga muncul ungkapan seperti, Misr Ummud Dun-ya, Mirs Ahsan Fil 'Alam, dan lain sebagainya. Berbicara kriminalitas di Mesir, tampaknya masih lebih minim bila dibandingkan kota-kota besar dinegara laen.
Bangsa Mesir merupakan bangsa yang memiliki cita dan citra ditengah problematika hidup yang menumpuk. Kegemaran minum Teh (syai) sambil menghisap Syisyah -semacam rokok khas Arab yang dihisap lewat pipa karet sepanjang sekita satu meter- adalah pemandangan umum yang banyak kita jumpai dikedai-kedai kopi. Di kedai tersebut tua muda melepaskan penatnya  atau mungkin bermalas-malasan sambil maen domino, dadu atau nonton TV. JIka ada suasana tegang dan teriakan tiba-tiba dari arah kedai kopi, jangan terkejut, itu artinya Zamalek sedang bertanding. Dua klub ini memang memiliki pendukung fanatik yang dikenal dengan sebutan Ahlawy (pendukung Ahly) dan zamalkawy (pendukung zamalek).
Orang Mesir dikenal pula memiliki ikatan keluarga yang erat. "Bangsa ini punya kelebihan dalam menjaga hubungan keluarga yang kuat. Dengan kekuatan hubungan keluarga itu dapat membebaskan mereka dari kemelut hidup yang dihadapi.." demikian menurut seorang wartawan Jerman. Seorang wartawan CIna juga berkomentar, "Yang menjadi perhatian saya terhadap bangsa ini adalah sikap puas dan merasa cukup serta rasa bahagia, tapi bukan karena dampak materi, namun lebih ditunjukkan oleh sikap spirituil. Setiap hari saya menyaksikan seorang penjaga gedung (bawwab) yang tinggal didepan apartemen saya. Dia tinggal bersama isteri dan enam orang anaknya dilantai dasar yang hanya ada satu kamar mandi. Namun saya perhatikan penjaga itu tak pernah cemberut, malah suka bercanda dan tersenyum.."
Pada dimensi lain, orang cacat tetap mendapat tempat yang layak dalam pergaulan sosial. Masyarakat sangat perhatian dan selalu membantu orang pincan, buta, atau pikun sekalipun. Kebiasaan ini berlaku diberbagai tempat, baik ketika di Bus, ruang kuliah dan sebagainya. Kaum wanita juga masih dihormati, walau pergeseran nilai-nilai sudah mulai tampak dikalangan pemuda akibat laju perkembangan zaman yang kurang memperhatikan erosi budaya.
Di Mesir dipergunakan bahasa Arab sebagai bahasa nasional Bahasa Perancis, Inggeris juga dipakai setelah bahasa Arab. Di Mesir juga banyak buku baru yang terbit secara Intensif. Media massanya juga terbuka. Budaya beli buku adalah pemandangan umum yang terjadi disetiap awal tahun ketika pameran buku internasional (book fair) digelar dipusat kota Cairo. Kesempatan ini dimanfaatkan mahasiswa sebagai ajang beli kitab besar-besaran karena harga yang relatif lebih murah.
SERBA-SERBI MESIR.
- TIPS Menghadapi Orang Mesir: Dahului dengan basa basi yang pantas (mujamalah), dengan seringlah memuji seperlunya. Bisa juga dengan memancing bicara sekitar sepak bola.
- Cara berpakaian, terutama wanita Mesir, kalo dipedesaan cenderung lebih sopan. Sedangkan di kota besar bagaikan ada pertarungan mode antara kebarat-baratan dengan mode agamis (sopan).

Orang-orang mengisi jalan di pasar Kairo.
Tingkat pendidikan meningkat; mereka yang berusia sepuluh yang melek huruf meningkat dari 50,4 persen pada 1986-61,4 persen pada tahun 1996. Angka untuk lulusan dari berbagai tingkat pendidikan juga tumbuh-yang memegang gelar pendidikan tinggi meningkat dari 4,3 persen pada tahun 1986 menjadi 7,3 persen pada tahun 1996. Penduduk pedesaan adalah 57 persen pada tahun 1996, dibandingkan dengan 56 persen pada tahun 1986, tapi ini termasuk beberapa orang yang tinggal di pemukiman dari 20.000 atau lebih. penyelesaian didefinisikan sebagai perkotaan sesuai dengan fungsi administrasi.
Sejarah dan Hubungan Etnis
Munculnya Bangsa. Tanah Mesir memiliki kekhasan dalam wilayah karena perkembangan peradaban utama di Lembah Nil, kadang-kadang diutarakan sebagai tujuh ribu tahun peradaban. Setelah Firaun dan periode Yunani-Romawi, Kristen datang ke Mesir. Selama beberapa abad Mesir pada dasarnya sebuah negara KristenPenaklukan Muslim di C abad ketujuh. E . E. membawa kekuatan baru, tapi itu beberapa waktu sebelum ada mayoritas Muslim di Mesir. Pada abad keenam belas, Mesir menjadi bagian dari Kekaisaran Ottoman, memerintah dari Konstantinopel (sekarang Istanbul). Pada malam modernisasi, Napoleon dan tentara Perancis menaklukkan Mesir pada tahun 1798, dan tetap melalui 1801. Banyak penulis mengidentifikasi periode tiga tahun sebagai titik balik besar dalam sejarah budaya Mesir, sementara yang lain berpendapat bahwa proses itu dimulai awal dan berlangsung lebih lama.

Setumpuk air kendi tembikar di Desa Luxor di sepanjang Sungai Nil. Irigasi merupakan pusat pertanian Mesir dan air disediakan oleh pemerintah.
Makanan dan Ekonomi
Makanan di Daily Life. Makan adalah suatu kegiatan sosial yang penting, dan merupakan pusat acara khusus menandai dan acara-acara seremonial.
Item makanan yang paling penting dalam kehidupan sehari-hari adalah roti roti. Di daerah pedesaan, roti biasanya dipanggang oleh perempuan dalam oven lumpur di rumah.Di kota-kota, roti yang dijual di toko roti. Roti standar ketat diatur oleh pemerintah dalam hal berat badan.

Orang yang memakai feri lokal di Aswan, Mesir.
harga, dan merupakan salah satu item yang sangat sedikit yang masih menerima subsidi negara.





Orang-orang menunggu di luar sebuah toko rempah-rempah di Khan el-Khalili.Bisnis antrian sering dipisahkan menurut jenis kelamin.




Museum Mesir di Kairo fitur artefak dari makam fir'aun.
dimana individu diyakini dikasihi Allah dimakamkan, untuk mencari syafaat mereka dengan Allah Terutama di antara kuil ini adalah mereka di Kairo berhubungan dengan keluarga nabi Muhammad. Tapi setiap desa dan kota telah kuil tersebut, yang penting bervariasi.Bentuk agama sering diserang oleh puritan agama yang berpendapat bahwa untuk memberikan penting seperti ini "orang kudus" memotong keesaan Tuhan.
Juga sangat umum di Mesir adalah asosiasi dari mistikus (persaudaraan sufi).Ini didominasi kelompok pria berada di bawah kepemimpinan seorang syekh, atau hirarki syekh, dikhususkan untuk membantu anggota mereka mencapai pengalaman mistik bersatu dengan Tuhan.Pengalaman mistis ini sering dicapai melalui ritual kolektif, yang tepat untuk memesan masing-masing, yang disebut zikir,. Ada hampir satu resmi diakui seratus asosiasi diakui, banyak yang ditambah dan mereka mengklaim sekitar enam juta anggota (sekitar sepertiga dari penduduk laki-laki dewasa).
Kedokteran dan Kesehatan di Mesir
Perawatan kesehatan di Mesir menempati tempat sentral baik dalam keprihatinan rakyat dan dalam prioritas negara.Ada jaringan luas rumah sakit umum di kota-kota besar dan kota-kota di seluruh negeri.Ada unit kesehatan yang menawarkan pelayanan kesehatan dasar di hampir setiap desa. Standar pelayanan medis adalah variabel, bagaimanapun, dan orang sering menemukan mereka harus mendapatkan perawatan di rumah sakit swasta dan klinik.Antar sektor yang lebih kaya Mesir perkotaan, orang-orang mencari pengobatan alternatif seperti homeopati.
Mesir cenderung untuk menggabungkan sistem kesehatan modern dengan praktek-praktek tradisional. Di desa-desa, bidan, misalnya, memainkan peran penting bukan hanya selama persalinan dan kegiatan seremonial yang terkait, tetapi juga dalam memberikan saran medis umum untuk perempuan. Ada praktisi kesehatan tradisional lainnya, seperti pelihat dan penyembuh semangat.Upacara zar menandai bentuk kultus memiliki semangat yang menetapkan hubungan antara orang yang menderita dan roh yang menimpa dirinya. Ini

Banyak hari libur Mesir publik menandai peristiwa penting dalam sejarah politik baru di negeri ini. hubungan harus secara berkala menegaskan, dengan bantuan spesialis.
Bibliografi
Abu Lughod, Lila: terselubung. Sentimen Kehormatan dan Puisi di Masyarakat Badui, 1986
Abu-Zahra, Nadia:. The Murni dan Powerfull Studi di Masyarakat Muslim Kontemporer, 1997.
Ammar, Hamed:. Growing Up di Mesir sebuah Desa Silwa, Provinsi Aswan, 1954.
Armbrust, Walter. Misa Kebudayaan dan Modernisme di Mesir, 1996.
Berger, Morroe 1970. Islam Mesir pada Hari Sosial dan Politik: Aspek Populer Agama,.


Sumber : Wikipedia.org

KEBUDAYAAN DI ASIA

Kebudayaan Benua Asia
Negara Indonesia
Kebudayaan Nasional


Kebudayaan nasional adalah kebudayaan yang diakui sebagai identitas nasional. Definisi kebudayaan nasional menurut TAP MPR No.II tahun 1998, yakni:
“ Kebudayaan nasional yang berlandaskan Pancasila adalah perwujudan cipta, karya dan karsa bangsa Indonesia dan merupakan keseluruhan daya upaya manusia Indonesia untuk mengembangkan harkat dan martabat sebagai bangsa, serta diarahkan untuk memberikan wawasan dan makna pada pembangunan nasional dalam segenap bidang kehidupan bangsa. Dengan demikian Pembangunan Nasional merupakan pembangunan yang berbudaya.Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Wujud, Arti dan Puncak-Puncak Kebudayaan Lama dan Asli bai Masyarakat Pendukukungnya, Semarang: P&K, 199 ”
kebudayaan nasional dalam pandangan Ki Hajar Dewantara adalah “puncak-puncak dari kebudayaan daerah”. Kutipan pernyataan ini merujuk pada paham kesatuan makin dimantapkan, sehingga ketunggalikaan makin lebih dirasakan daripada kebhinekaan. Wujudnya berupa negara kesatuan, ekonomi nasional, hukum nasional, serta bahasa nasional. Definisi yang diberikan oleh Koentjaraningrat dapat dilihat dari peryataannya: “yang khas dan bermutu dari suku bangsa mana pun asalnya, asal bisa mengidentifikasikan diri dan menimbulkan rasa bangga, itulah kebudayaan nasional”. Pernyataan ini merujuk pada puncak-puncak kebudayaan daerah dan kebudayaan suku bangsa yang bisa menimbulkan rasa bangga bagi orang Indonesia jika ditampilkan untuk mewakili identitas bersama.Nunus Supriadi, “Kebudayaan Daerah dan Kebudayaan Nasional”
Sebelum di amandemen, UUD 1945 menggunakan dua istilah untuk mengidentifikasi kebudayaan daerah dan kebudayaan nasional. Kebudayaan bangsa, ialah kebudayaan-kebudayaan lama dan asli yang terdapat sebagi puncak-puncak di daerah-daerah di seluruh Indonesia, sedangkan kebudayaan nasional sendiri dipahami sebagai kebudayaan angsa yang sudah berada pada posisi yang memiliki makna bagi seluruh bangsa Indonesia. Dalam kebudayaan nasional terdapat unsur pemersatu dari Banga Indonesia yang sudah sadar dan menglami persebaran secara nasional. Di dalamnya terdapat unsur kebudayaan bangsa dan unsur kebudayaan asing, serta unsur kreasi baru atau hasil invensi nasional. Direktorat Sejarah dan Nilai Tradsional, Kongres Kebudayaan 1991: Kebudayaan Nasional Kini dan di Masa Depan,

Wujud kebudayaan daerah di Indonesia

Kebudayaan daerah tercermin dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat di seluruh daerah di Indonesia. Setiap saerah memilki ciri khas kebudayaan yang berbeda.

Rumah adat
Aceh: Rumoh Aceh
Sumatera Barat : Rumah Gadang
Sumatera Selatan : Rumah Limas
Jawa : Joglo
Papua : Honai
Sulawesi Selatan : Tongkonang (Tana Toraja), Bola Soba (Bugis Bone), Balla Lompoa (Makassar Gowa)
Sulawesi Tenggara: Istana buton
Sulawesi Utara: Rumah Panggung
Kalimantan Barat: Rumah Betang
Nusa Tenggara Timur: Lopo
Maluku : Balieo

Tarian
Jawa: Bedaya, Kuda Lumping, Reog
Bali: Kecak, Barong/ Barongan, Pendet
Maluku: Cakalele, Orlapei, Katreji
Aceh: Saman, Seudati
Minangkabau: Tari Piring, Tari Payung, Tari Indang, Tari Randai, Tari Lilin
Betawi: Yapong
Sunda: Jaipong, Tari Topeng
Timor NTT: Likurai, Bidu, Tebe, Bonet, Pado'a, Rokatenda, Caci
Batak Toba & Suku Simalungun: Tortor
Sulawesi Selatan: Tari Pakkarena, Tarian Anging Mamiri, Tari Padduppa, Tari 4 Etnis
Sulawesi Tengah: Dero
Pesisir Sibolga/Tapteng: Tari Sapu Tangan , Tari Adok , Tari Anak , Tari Pahlawan , Tari Lagu Duo , Tari Perak , Tari Payung
Riau : Persembahan, Zapin, Rentak Bulian, Serampang Dua Belas
Lampung : Bedana, Sembah, Tayuhan, Sigegh, Labu Kayu
Irian Jaya: ( Musyoh, Selamat Datang )
Nias :Famaena


Lagu
Jakarta: Kicir-kicir, Jali-jali, Lenggang Kangkung
Maluku : Rasa Sayang-sayange, Ayo Mama, Buka Pintu, Burung Tantina,Goro-Gorone, Huhatee
Melayu : Soleram, Tanjung Katung
Minangkabau : Kampuang nan Jauh di Mato, Kambanglah Bungo, Indang Sungai Garinggiang
Aceh : Bungong Jeumpa
Kalimantan Selatan : Ampar-Ampar Pisang
Nusa Tenggara Timur : Anak Kambing Saya, Oras Loro Malirin, Sonbilo, Tebe Onana, Ofalangga, Do Hawu, Bolelebo, Lewo Ro Piring Sina, Bengu Re Le Kaju, Aku Retang, Gaila Ruma Radha, Desaku
Sulawesi Selatan : Angin Mamiri
Sumatera Utara : Anju Ahu, Bungo Bangso, Cikala Le Pongpong, Bungo Bangso, Butet, Dago Inang Sarge,
Papua/Irian Barat : Apuse
Sumatera Barat : Ayam Den Lapeh, Barek Solok, Dayung Palinggam, Kambanglah Bungo, Kampuang Nan Jauh Di Mato, Ka Parak Tingga,
Jambi: Batanghari
Jawa Barat : Bubuy Bulan, Cing Cangkeling, Es Lilin, Karatagan Pahlawan,
Kalimantan Barat : Cik-Cik Periuk
Sumatera Selatan : Cuk Mak Ilang, Dek Sangke, Gending Sriwijaya, Kabile-bile,
Banten : Dayung Sampan
Sulawesi Utara : Esa Mokan
Jawa Tengah : Gambang Suling, Gek Kepriye, Gundul Pacul, Ilir-ilir, Jamuran
Nusa Tenggara Barat : Helele U Ala De Teang
Kalimantan Timur : Indung-Indung
Jambi : Injit-Injit Semut
Kalimantan Tengah : Kalayar
Karatagan Pahlawan (Jawa Barat)
Keraban Sape (Jawa Timur)
Keroncong Kemayoran (Jakarta)
Kole-Kole (Maluku)
Lalan Belek (Bengkulu)
Lembah Alas (Aceh)
Lisoi (Sumatera Utara)
Madekdek Magambiri (Sumatera Utara)
Malam Baiko (Sumatera Barat)
Mande-Mande (Maluku)
Manuk Dadali (Jawa Barat)
Ma Rencong (Sulawesi Selatan)
Mejangeran (Bali)
Mariam Tomong (Sumatera Utara)
Moree (Nusa Tenggara Barat)
Nasonang Dohita Nadua (Sumatera Utara)
O Ina Ni Keke (Sulawesi Utara)
Ole Sioh (Maluku)
Orlen-Orlen (Nusa Tenggara Barat)
O Ulate (Maluku)
Pai Mura Rame (Nusa Tenggara Barat)
Pakarena (Sulawesi Selatan)
Panon Hideung (Jawa Barat)
Paris Barantai (Kalimantan Selatan)
Peia Tawa-Tawa (Sulawesi Tenggara)
Peuyeum Bandung (Jawa Barat)
Pileuleuyan (Jawa Barat)
Pinang Muda (Jambi)
Piso Surit (Aceh)
Pitik Tukung (Yogyakarta)
Flobamora, Potong Bebek Angsa (Nusa Tenggara Timur)
Rambadia (Sumatera Utara)
Rang Talu (Sumatera Barat)
Rasa Sayang-Sayange (Maluku)
Ratu Anom (Bali)
Saputangan Bapuncu Ampat (Kalimantan Selatan)
Sarinande (Maluku)
Selendang Mayang (Jambi)
Sengko-Sengko (Sumatera Utara)
Siboga Tacinto (Sumatera Utara)
Sinanggar Tulo (Sumatera Utara)
Sing Sing So (Sumatera Utara)
Sinom (Yogyakarta)
Si Patokaan (Sulawesi Utara)
Sitara Tillo (Sulawesi Utara)
Soleram (Riau)
Surilang (Jakarta)
Suwe Ora Jamu (Yogyakarta)
Tanduk Majeng (Jawa Timur)
Tanase (Maluku)
Tapian Nauli (Sumatera Utara)
Tari Tanggai (Sumatera Selatan)
Tebe Onana (Nusa Tenggara Barat)
Te Kate Dipanah (Yogyakarta)
Tokecang (Jawa Barat)
Tondok Kadadingku (Sulawesi Tengah)
Tope Gugu (Sulawesi Tengah)
Tumpi Wayu (Kalimantan Tengah)
Tutu Koda (Nusa Tenggara Barat)
Terang Bulan (Jakarta)
Yamko Rambe Yamko (Papua)
Bapak Pucung (Jawa Tengah)
Yen Ing Tawang Ono Lintang (Jawa Tengah)
Stasiun Balapan, Didi Kempot (Jawa Tengah)
Anging Mamiri, Sulawesi Parasanganta (Sulawesi Selatan)
bulu londong, malluya, io-io, ma'pararuk (Sulawesi Barat)

Musik

Jakarta: Keroncong Tugu.Melayu : Hadrah, Makyong, Ronggeng Makassar : Gandrang Bulo, Sinrilik
Pesisir Sibolga/Tapteng : Sikambang

Alat Musik

Jawa: [[Gamelan][kendang jawa]].Nusa Tenggara Timur: Sasando, Gong dan Tambur, Juk Dawan, Gitar Lio.Gendang Bali,Gendang simalungun,Gendang Melayu,Gandang Tabuik Sasando,Talempong,Tifa,Saluang,Rebana,Bende,Kenong,Keroncong,Serunai,Jidor,Suling,Lembang,Suling Sunda,Dermenan,Saron,Kecapi,Bonang,Kendang Jawa,Angklung,Calung,Kulintang,Gong Kemada,Gong Lambus,Rebab,Tanggetong,Gondang,Batak,Kecapi, kesok-Kesok Bugis-makassar, dan sebagainya



  by Phantomhive|IFC™ on Wed Dec 15, 2010 4:51 pm
Sumber : Google.com

Kebudayaan Yang Ada di Benua Amerika

Dresden Codex, Manuskrip Tertua Di Benua Amerika Dan Kunci Menuju Harta Karun Emas 8 Ton Suku Masya

Kita selalu takjub dengan petualangan memburu harta karun seperti yang digambarkan dalam film Indiana Jones atau National Treasure.Tetapi bagi Joachim Rittsteig, petualangan yang sesungguhnya baru akan dimulai karena ia mengklaim telah berhasil menemukan sebuah petunjuk yang mengarah kepada lokasi harta karun suku Maya. Ia menemukan petunjuk itu di dalam Dresden Codex yang telah berusia ratusan tahun.Perlu dicatat kalau Joachim bukanlah seorang pengkhayal yang terlalu banyak menonton film petualangan. Ia adalah seorang profesor Emeritus di universitas Dresden yang telah mempelajari kebudayaan suku Maya selama 40 tahun.

Ia juga ahli bahasa suku Maya dan salah satu objek penelitiannya adalah Dresden Codex yang berisi catatan-catatan mengenai kebudayaan suku Maya.Joachim percaya kalau pada Codex itu tersembunyi harta karun berupa emas murni seberat 8 ton. Bukan itu saja, Joachim mengklaim mengetahui lokasi persembunyian harta tersebut, yaitu di dasar danau Izabal."Dresden Codex menunjukkan adanya harta karun besar berupa emas murni seberat 8 ton."

Koran Jerman Bild yang mensponsori ekspedisi ini akan mengirim reporter, fotografer, kamerawan, dan penyelam profesional ke Danau Izabal untuk menemukan emas itu.Dresden Codex atau Codex Dresdensis sendiri adalah satu dari empat dokumen utama yang masih tersisa dari kebudayaan Maya.Dokumen ini pertama kali ditulis oleh para pendeta suku Maya pada tahun 1250 Masehi. Dokumen ini memiliki 74 halaman dengan 74 hieroglyps yang berbeda. Jika direntangkan, panjangnya mencapai 3,56 meter.



Rittsteig mengatakan, "Halaman 52 berbicara tentang Atlan, ibu kota Maya, yang hancur oleh gempa bumi pada tanggal 30 Oktober 666 SM. Di kota ini, suku Maya menyimpan 2.156 emas batangan yang diklaim suku Maya sebagai miliknya."Para ahli percaya kalau dokumen ini adalah dokumen tertua yang pernah ditulis di benua Amerika.Dresden codex ditulis diatas kertas yang terbuat dari batang pohon ara dan ditulis oleh delapan penulis yang memiliki gaya tulisan yang berbeda-beda. Masing-masing dari mereka juga membahas subjek yang berbeda pula.

Ada bahasan mengenai astronomi yang memuat tabel Venus dan Bulan dengan akurasi yang luar biasa. Tabel bulan itu memiliki interval yang berkolerasi dengan gerhana. Sedangkan tabel Venus berkorelasi dengan pergerakan planet itu di angkasa.Di dalamnya juga ada almanak, tabel astrologi, informasi mengenai musim-musim, banjir, penyakit, pengobatan, referensi keagamaan dan saran mengenai waktu bercocok tanam.Selain itu, codex ini jugalah yang dianggap banyak orang telah memprediksikan kehancuran bumi pada tahun 2012 karena pada bagian akhirnya diceritakan mengenai bumi yang tenggelam oleh air yang keluar dari mulut naga.
Pertama kali Codex ini dikenal masyarakat luas adalah pada tahun 1739 ketika Johann Christian Gotze, direktur Royal Library di Dresden, membelinya dari kolektor pribadi di Wina, Austria.Bagaimana awalnya Codex itu bisa berada di Wina tidak diketahui dengan pasti. Namun ada spekulasi yang menyebutkan kalau Codex itu mungkin telah dihadiahkan oleh Hernando Cortes kepada Charles I, Raja Spanyol pada waktu itu.Seperti yang kita ketahui, Hernando Cortes adalah penakluk Spanyol yang berhasil menguasai sebagian besar wilayah Mexico pada awal abad ke-16, termasuk kerajaan Aztec yang berhasil dilumpuhkannya pada tahun 1521.



Setelah diperoleh oleh Gotze, pada tahun 1744, Codex itu diberikan kepada Royal Library di Dresden yang kemudian memamerkannya untuk pertama kali pada tahun 1848.Pada perang dunia II, codex itu mengalami kerusakan serius akibat pengeboman. Dua belas halamannya rusak dan bagian-bagian lainnya hancur. Namun, usaha restorasi yang terus menerus berhasil memulihkannya sehingga bisa dipelajari hingga kini.Siapa sangka, dokumen yang awalnya hanya dianggap bernilai sejarah ini ternyata mengandung petunjuk mengenai harta karun yang sangat berharga.

"Codex Dresden memiliki petunjuk yang mengarah kepada delapan ton emas murni." Kata Joachim Rittsteig.Dengan disponsori oleh surat kabar Bild dari Jerman, Ia telah menyiapkan sebuah ekspedisi menuju danau Izabal, tempat yang dipercayainya menyimpan harta karun tersebut.Menurut Rittsteig, halaman 52 pada codex tersebut menyebutkan mengenai sebuah kota suku Maya yang bernama Atlan yang hancur oleh gempa bumi pada tanggal 30 Oktober tahun 666 sebelum Masehi. Di kota ini, mereka menyimpan 2.156 batangan emas yang dipermukaannya terukir hukum-hukum suku Maya.

Ketika kota itu hancur oleh gempa, emas-emas itu ikut tenggelam ke dalam danau Izabal yang berada di timur Guetamala.Rittsteig mengklaim telah berhasil menemukan reruntuhan kota Atlan dengan citra radar yang diambil di daerah tersebut.Ia memperkirakan kalau seluruh batangan emas itu bernilai sekitar 290 juta dolar Amerika. Ini jumlah yang sangat besar, bahkan untuk ukuran saat ini. Jika harta ini ditemukan, dipastikan kalau nilai sejarahnya akan jauh lebih berharga dibanding nilai materinya.Selain masalah harta, ada satu hal lagi yang menarik dari perkataan Rittsteig. Kalian mungkin memperhatikan kalau nama kota suku Maya yang hancur oleh gempa bumi tersebut adalah Atlan.

Teringat dengan sesuatu?


Ya, Atlantis yang juga hancur oleh gempa bumi sekitar tahun 10.000 sebelum Masehi. Tentu saja yang membedakan kedua kota itu adalah rentang waktu kehancuran yang sangat jauh, hampir 9.000 tahun.Jika kita tidak bisa menemukan Atlantis yang misterius itu, mungkin kita masih bisa menemukan kota Atlan yang penuh dengan batangan emas. Dan saya kira itu pun akan menjadi sesuatu yang sangat menarik.(ar/km/akd) www.suaramedia.com

GAMBAR - GAMBAR DRESDEN CODEX

Dresden Codex 2
Dresden Codex 3
Dresden Codex 4
Dresden Codex 15 - 16
Dresden Codex 35-b
Dresden Codex 47 - 60
Dresden Codex 9 c
Dresden Codex 27