Rabu, 11 Mei 2011

KEBUDAYAAN DI BENUA AFRIKA

KEBUDAYAAN MESIR (BENUA AFRIKA)
Mari Mengenal Negara Mesir Lebih Jauh Lagi..
Penduduk Mesir purba sendiri menjejak asal keturunan mereka kepada tanah yang mereka kenali sebaga punt atau “Ta Nteru” (”Tanah Dewa-dewa”). Suatu suatu masa dahulu, ia biasanya diagak sebagai terletak di apa yang sekarang ini dikenali sebagai persisiran Somalia, Punt sekarang ini dipercayai sebagai terletak samaada di selatan Sudan atau Eritrea. sejarah Mesir purba sebenar bermula dengan Mesir sebagai negara bersatu, yang berlaku pada satu ketika sekitar 3000 SM, walaupun bukti arkaeologi menunjukkan bahawa masyarakat Mesir maju mungkin telah wujud untuk tempoh yang lebih lama.
Sepanjang sungai Nil, pada milenium ke-10 SM, kebudayaan mengisar bijirin yang menggunakan jenis mata sabit terawal telah digantikan dengan kebudayaan penduduk pemburu, pengail, dan pengumpul-pemburu yang menggunakan peralatan batu. Bukti turut menunjukkan kehadiran manusia di barat daya Mesir, berhampiran sempadan Sudan, sebelum 8000 S.M. Pertukaran cuaca dan/atau terlebih ragut sekitar 8000 S.M. mula mengeringkan padang ragut di Mesir, yang akhirnya mendorong kepada pembentukan Sahara (2500 S.M.), dan puak-puak awal dengan sendirinya terdorong untuk berpindah ke sungai Nil di mana mereka memajukan ekonomi pertanian setempat dan masyarakat yang lebih berpusat (lihat Sejarah: Nil). Terdapat bukti ternakan dan penanaman bijirin di Timur Sahara pada milenium ke-7 SM. Sehingga 6000 S.M. penduduk Mesir purba di sudut baratdaya Mesir telahpun mengembala lembu dan membina bangunan besar. Mortar dalam pembinaan bangunan telah digunakan menjelang 4000 S.M. Tempoh Pradinasti Mesir berterusan sepanjang tempoh masa ini, sebelumnya dipegang pelbagai oleh kebudayaan Naqada. Sesetengah pakar bagaimanapun memulakan Predinasti Mesir lebih awal, di Paleolithik Bawah (lihat Pradinasti Mesir) .
Mesir bersatu sebagai satu negara sekitar 3000 S.M. Kronologi Mesir termasuk menetapkan permulaan dan pengakhiran sesuatu dinasti sekitar tempoh masa ini. Kronologi Mesir biasa adalah yang diterima pakai semasa abad ke 20, tetapi tidak termasuk cadangan rombakan besar yang turut diajukan ketika itu. Malah dalam hasil kerja yang sama, seringkali pakar kaji purba menawarkan beberapa tarikh yang mungkin atau beberapa khronologi lain sebagai mungkin. Disebabkan itu, kemungkinannya terdapat beberapa perbedaan antara tarikah ditunjukkan di sini dan dalam rencana pemerintah tertentu. Seringkali juga terdapat beberapa variasi ejaan nama.
Firaun merupakan pemerintah kedua kerajaan ini dan mengetuai struktur negara Mesir silam. Firaun bertindak sebagai raja, pemimpin kerohanian dan commander-in-chief bagi kedua-dia tentera dan tentera laut. Firaun dianggap dewa, hubungan antara manusia dan para dewata. Di bawahnya adalah kerajaan, adalah 2 wazir (satu bagi Mesir Atas dan satu lagi bagi Mesir Bawah) dan pelbagai pegawai. Di bawahnya di sebelah keugamaan adalah paderi besar dan pelbagai paderi lain. Secara umumnya, kedudukan ini diwarisi dari bapa kepada anak lelaki sulung. Kadang-kala aturan ini terbantut, dan kadang-kala wanita memegang kuasa.
Bahasa
Mesir silam bertutur bahasa Afro-Asiatik berkait dengan bahasa Chadic, Berber dan Semitik. Rekod bahasa Mesir silam telah ditarikh sekitar 3200 BC. Para sarjana meletakkan bahasa Mesir kepada enam pembahagian mengikut kronologi:
* Mesir Silam (Archaic Egyptian) (sebelum 2600 BC) 
* Mesir Lama (Old Egyptian) (2600–2000 BC)
* Mesir Tengah (Middle Egyptian) (2000–1300 BC)
* Mesir Akhir (Late Egyptian) (1300–700 BC)
* Mesir Demotik (Demotic Egyptian) (abad ke 7 BC–abad ke 4 AD)
* Bahasa Coptik (Coptic language) (abad ke 3–abad ke 12 AD)
Penulisan
Pengkaji Mesir Purba (Egyptologists) merujuk kepada tulisan Mesir sebagai hieroglif, bersama dengan skrip baji (cuneiform script) Mesopotamia ranking sebagai sistem penulisan tertua di dunia. Skrip hieroglif sebahagiannya syllabik, sebahagiannya ideografik. Hieratic adalah bentuk hieroglif Mesir bersambung (cursive) yang pertama sekali digunakan semasa Dinasti Pertama (c. 2925 BC – c. 2775 BC). Istilah Demotik dari sudut Mesir, Ia itu, “asal – indigenous” dari sudut pandangan Hellenistik, berubah menjadi merujuk kepada kedua-dua skrip dan bahasa yang selepas tahap Mesir Silam Akhir (Late Ancient Egyptian) daripada Nubian dinasti ke 25 sehingga ia dipinggirkan oleh Greek Koine pada awal abad AD. Selepas penaklukan oleh Umar ibn al-Khattab, bahasa Coptic kekal sehingga Zaman Pertengahan sebagai bahasa keugamaan (liturgical) oleh minoriti Kristian.
Skrip hieroplyphik akhirnya tidak lagi digunakan sekitar abad ke 4, dan mulai dijumpai kembali semenjak abad ke 15 (lihat Hieroglyphica).
Alphabet (abjad) terawal juga dicipta di Mesir Purba, sebagai hasilan dari hieroplyphik sylabik (syllabic).
Macam-Macam tulisan Mesir kuno :
* c.1999 SM – Papyrus Westcar
* c.1800 SM Cerita Sinuhe
* c. 1800 SM – Papyrus Ipuwer
* c. 1800 SM – Papyrus Harris I
* c. 1000 SM Cerita Wenamun


KONDISI SOSIAL BUDAYA MESIR
Gambaran kehidupan sosial budaya Mesir laksana bangunan tua yang terlihat seolah-olah sangat lelah dan payah, tiang-tiang bangunannya telah termakan usia perjalanan zaman yang sangat panjang, dan dinding-dinding tambal sulam perpaduan antara bahan peradaban lama dengan baru, serta atapnya berwarna keruh berdebu tebal. Dalam bangunan usang itu pernah generasi demi generasi silih berganti dengan beragam corak karakter dan identitasnya.
Sewaktu kekaisaran Romawi menduduki wilayah Mesir, penduduk Mesir masih menganut animisme. Sejarah menyatakan bahwa imperium Romawi tersebut melakukan penindasan dan pemerasan hasil bumi penduduk untuk kepentingan para penguasa di Romawi (Eropa Lama). Sampai ketika Islam datang dari jazirah Arab tahun 541 membebaskan Mesir dari penindasan dan pemerasan bangsa Romawi.
Keadaan negeri sekarang meski harus menghadapi arus modernisasi, namun kehidupan agamis dengan sentral tempat Ibadah tetap banyak ditemui dimana-mana. Disamping itu kita juga akan menemukan kontradiksi yang dapat kita saksikan dalam aspek kehidupan rakyat Mesir, seperti budaya orang-orang kaya yang gemar kendaraan impor mutakhir. Sementara disisi lain masih ada saja orang miskin di kota yang mengendarai keledai. Mungkin kriteria negara berkembang Mesir ini antik, begitu ungkapan sebagian orang.
Kebiasaan sehari-hari dimasyarakat juga unik. Terkesan perilaku budaya mereka yang beriman kepada TUhan YME, saling mengungkapkan kasih sayang, hati yang mudah kasihan, lapang dada dan tidak pendendam. Tetapi disamping itu ada pula perilaku sebagian mereka yang banyak bicara, suka marah dan mencela, sikap puas, bangga dan memuja keadaan yang ada, sehingga muncul ungkapan seperti, Misr Ummud Dun-ya, Mirs Ahsan Fil 'Alam, dan lain sebagainya. Berbicara kriminalitas di Mesir, tampaknya masih lebih minim bila dibandingkan kota-kota besar dinegara laen.
Bangsa Mesir merupakan bangsa yang memiliki cita dan citra ditengah problematika hidup yang menumpuk. Kegemaran minum Teh (syai) sambil menghisap Syisyah -semacam rokok khas Arab yang dihisap lewat pipa karet sepanjang sekita satu meter- adalah pemandangan umum yang banyak kita jumpai dikedai-kedai kopi. Di kedai tersebut tua muda melepaskan penatnya  atau mungkin bermalas-malasan sambil maen domino, dadu atau nonton TV. JIka ada suasana tegang dan teriakan tiba-tiba dari arah kedai kopi, jangan terkejut, itu artinya Zamalek sedang bertanding. Dua klub ini memang memiliki pendukung fanatik yang dikenal dengan sebutan Ahlawy (pendukung Ahly) dan zamalkawy (pendukung zamalek).
Orang Mesir dikenal pula memiliki ikatan keluarga yang erat. "Bangsa ini punya kelebihan dalam menjaga hubungan keluarga yang kuat. Dengan kekuatan hubungan keluarga itu dapat membebaskan mereka dari kemelut hidup yang dihadapi.." demikian menurut seorang wartawan Jerman. Seorang wartawan CIna juga berkomentar, "Yang menjadi perhatian saya terhadap bangsa ini adalah sikap puas dan merasa cukup serta rasa bahagia, tapi bukan karena dampak materi, namun lebih ditunjukkan oleh sikap spirituil. Setiap hari saya menyaksikan seorang penjaga gedung (bawwab) yang tinggal didepan apartemen saya. Dia tinggal bersama isteri dan enam orang anaknya dilantai dasar yang hanya ada satu kamar mandi. Namun saya perhatikan penjaga itu tak pernah cemberut, malah suka bercanda dan tersenyum.."
Pada dimensi lain, orang cacat tetap mendapat tempat yang layak dalam pergaulan sosial. Masyarakat sangat perhatian dan selalu membantu orang pincan, buta, atau pikun sekalipun. Kebiasaan ini berlaku diberbagai tempat, baik ketika di Bus, ruang kuliah dan sebagainya. Kaum wanita juga masih dihormati, walau pergeseran nilai-nilai sudah mulai tampak dikalangan pemuda akibat laju perkembangan zaman yang kurang memperhatikan erosi budaya.
Di Mesir dipergunakan bahasa Arab sebagai bahasa nasional Bahasa Perancis, Inggeris juga dipakai setelah bahasa Arab. Di Mesir juga banyak buku baru yang terbit secara Intensif. Media massanya juga terbuka. Budaya beli buku adalah pemandangan umum yang terjadi disetiap awal tahun ketika pameran buku internasional (book fair) digelar dipusat kota Cairo. Kesempatan ini dimanfaatkan mahasiswa sebagai ajang beli kitab besar-besaran karena harga yang relatif lebih murah.
SERBA-SERBI MESIR.
- TIPS Menghadapi Orang Mesir: Dahului dengan basa basi yang pantas (mujamalah), dengan seringlah memuji seperlunya. Bisa juga dengan memancing bicara sekitar sepak bola.
- Cara berpakaian, terutama wanita Mesir, kalo dipedesaan cenderung lebih sopan. Sedangkan di kota besar bagaikan ada pertarungan mode antara kebarat-baratan dengan mode agamis (sopan).

Orang-orang mengisi jalan di pasar Kairo.
Tingkat pendidikan meningkat; mereka yang berusia sepuluh yang melek huruf meningkat dari 50,4 persen pada 1986-61,4 persen pada tahun 1996. Angka untuk lulusan dari berbagai tingkat pendidikan juga tumbuh-yang memegang gelar pendidikan tinggi meningkat dari 4,3 persen pada tahun 1986 menjadi 7,3 persen pada tahun 1996. Penduduk pedesaan adalah 57 persen pada tahun 1996, dibandingkan dengan 56 persen pada tahun 1986, tapi ini termasuk beberapa orang yang tinggal di pemukiman dari 20.000 atau lebih. penyelesaian didefinisikan sebagai perkotaan sesuai dengan fungsi administrasi.
Sejarah dan Hubungan Etnis
Munculnya Bangsa. Tanah Mesir memiliki kekhasan dalam wilayah karena perkembangan peradaban utama di Lembah Nil, kadang-kadang diutarakan sebagai tujuh ribu tahun peradaban. Setelah Firaun dan periode Yunani-Romawi, Kristen datang ke Mesir. Selama beberapa abad Mesir pada dasarnya sebuah negara KristenPenaklukan Muslim di C abad ketujuh. E . E. membawa kekuatan baru, tapi itu beberapa waktu sebelum ada mayoritas Muslim di Mesir. Pada abad keenam belas, Mesir menjadi bagian dari Kekaisaran Ottoman, memerintah dari Konstantinopel (sekarang Istanbul). Pada malam modernisasi, Napoleon dan tentara Perancis menaklukkan Mesir pada tahun 1798, dan tetap melalui 1801. Banyak penulis mengidentifikasi periode tiga tahun sebagai titik balik besar dalam sejarah budaya Mesir, sementara yang lain berpendapat bahwa proses itu dimulai awal dan berlangsung lebih lama.

Setumpuk air kendi tembikar di Desa Luxor di sepanjang Sungai Nil. Irigasi merupakan pusat pertanian Mesir dan air disediakan oleh pemerintah.
Makanan dan Ekonomi
Makanan di Daily Life. Makan adalah suatu kegiatan sosial yang penting, dan merupakan pusat acara khusus menandai dan acara-acara seremonial.
Item makanan yang paling penting dalam kehidupan sehari-hari adalah roti roti. Di daerah pedesaan, roti biasanya dipanggang oleh perempuan dalam oven lumpur di rumah.Di kota-kota, roti yang dijual di toko roti. Roti standar ketat diatur oleh pemerintah dalam hal berat badan.

Orang yang memakai feri lokal di Aswan, Mesir.
harga, dan merupakan salah satu item yang sangat sedikit yang masih menerima subsidi negara.





Orang-orang menunggu di luar sebuah toko rempah-rempah di Khan el-Khalili.Bisnis antrian sering dipisahkan menurut jenis kelamin.




Museum Mesir di Kairo fitur artefak dari makam fir'aun.
dimana individu diyakini dikasihi Allah dimakamkan, untuk mencari syafaat mereka dengan Allah Terutama di antara kuil ini adalah mereka di Kairo berhubungan dengan keluarga nabi Muhammad. Tapi setiap desa dan kota telah kuil tersebut, yang penting bervariasi.Bentuk agama sering diserang oleh puritan agama yang berpendapat bahwa untuk memberikan penting seperti ini "orang kudus" memotong keesaan Tuhan.
Juga sangat umum di Mesir adalah asosiasi dari mistikus (persaudaraan sufi).Ini didominasi kelompok pria berada di bawah kepemimpinan seorang syekh, atau hirarki syekh, dikhususkan untuk membantu anggota mereka mencapai pengalaman mistik bersatu dengan Tuhan.Pengalaman mistis ini sering dicapai melalui ritual kolektif, yang tepat untuk memesan masing-masing, yang disebut zikir,. Ada hampir satu resmi diakui seratus asosiasi diakui, banyak yang ditambah dan mereka mengklaim sekitar enam juta anggota (sekitar sepertiga dari penduduk laki-laki dewasa).
Kedokteran dan Kesehatan di Mesir
Perawatan kesehatan di Mesir menempati tempat sentral baik dalam keprihatinan rakyat dan dalam prioritas negara.Ada jaringan luas rumah sakit umum di kota-kota besar dan kota-kota di seluruh negeri.Ada unit kesehatan yang menawarkan pelayanan kesehatan dasar di hampir setiap desa. Standar pelayanan medis adalah variabel, bagaimanapun, dan orang sering menemukan mereka harus mendapatkan perawatan di rumah sakit swasta dan klinik.Antar sektor yang lebih kaya Mesir perkotaan, orang-orang mencari pengobatan alternatif seperti homeopati.
Mesir cenderung untuk menggabungkan sistem kesehatan modern dengan praktek-praktek tradisional. Di desa-desa, bidan, misalnya, memainkan peran penting bukan hanya selama persalinan dan kegiatan seremonial yang terkait, tetapi juga dalam memberikan saran medis umum untuk perempuan. Ada praktisi kesehatan tradisional lainnya, seperti pelihat dan penyembuh semangat.Upacara zar menandai bentuk kultus memiliki semangat yang menetapkan hubungan antara orang yang menderita dan roh yang menimpa dirinya. Ini

Banyak hari libur Mesir publik menandai peristiwa penting dalam sejarah politik baru di negeri ini. hubungan harus secara berkala menegaskan, dengan bantuan spesialis.
Bibliografi
Abu Lughod, Lila: terselubung. Sentimen Kehormatan dan Puisi di Masyarakat Badui, 1986
Abu-Zahra, Nadia:. The Murni dan Powerfull Studi di Masyarakat Muslim Kontemporer, 1997.
Ammar, Hamed:. Growing Up di Mesir sebuah Desa Silwa, Provinsi Aswan, 1954.
Armbrust, Walter. Misa Kebudayaan dan Modernisme di Mesir, 1996.
Berger, Morroe 1970. Islam Mesir pada Hari Sosial dan Politik: Aspek Populer Agama,.


Sumber : Wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar