Kamis, 13 Juni 2013

Inflasi Tahun 2008 Hingga Tahun 2012

Tabel Inflasi Indonesia Tahun 2008-2012




Inflasi:

Kenaikan harga barang dan jasa secara umum dimana barang dan jasa tersebut merupakan kebutuhan pokok masyarakat atau turunnya daya jual mata uang suatu negara.

Indeks Harga konsumen (IHK):

Suatu indeks, yang menghitung rata-rata perubahan harga dalam suatu periode, dari suatu kumpulan barang dan jasa yang dikonsumsi oleh penduduk/rumah tangga dalam kurun waktu tertentu.


Menurut saya,inflasi di Indonesia pada tahun 2008 di mata pasar masih tinggi yang mencapai angka 11,6.Hal ini juga di dukung berdasarkan hasil survei oleh Bank Indonesia terhadap perkiraan ekonomi tahunan yang meliputi pertumbuhan ekonomi, nilai tukar, pertumbuhan ekspor dan impor, defisit PDB dan lain-lainnya.Namun pada tahun 2009 inflasi mengalami penurunan yang cukup jauh perbedaannya bila dibandingkan tahun 2008 yaitu hanya mencapai 2,78.Pada tahun 2010 inflasi mengalami kenaikan lagi namun tetap masih dibawah angka inflasi pada 2008 yaitu 6,96.Pada tahun 2011 kembali lagi inflasi mengalami penurunan yaitu 3,79.Pada tahun 2012 angka inflasi mengalami kenaikan sedikit yaitu 4,30.Jadi bila dilihat perbandingannya antara tahun 2008 hingga 2012,inflasi tertinggi terjadi pada tahun 2008 dan pada tahun berikutnya mengalami penurunan dan kenaikan yang tidak melebihi total pada tahun 2008.

Jika dilihat dari kaca mata teori ekonomi, memang selalu dad trade off antara pertumbuhan dan kesejahteraan. Jika pertumbuhan melesat, kemakmuran rakyat pasti tersendat. Kebijakan growth with equity (pertumbuhan disertai pemerataan) selama ini masih belum terbukti berhasil mengangkat harkat dan martabat rakyat. Diakui atau tidak, pembangunan ekonomi memang sangat memengaruhi tingkat kemakmuran suatu Negara tetapi pembanguna ekonomi secara real tidak akan membawa kesejahtraan bagi masyarakat Indonesia. Masalah pengangguran dan kemiskinan dari dulu hingga sekarang masih mengalami polemik belum bisa di atasi. Padahal sudah berbagai cara dilakukan untuk memperkecil tinggkat kemiskinan di Indonesia misalnya saja yang kita ketahui mengenai dana bantuan dari pemerintah yaitu BLT tetap saja masih banyak masyarakat yang tidak mendapatkan BLT.


Sumber tabel  : http://www.bps.go.id/menutab.php?tabel=1&kat=2&id_subyek=03

Tidak ada komentar:

Posting Komentar